Kamis, 31 Maret 2011

Perenungan Makna Kehidupan

*Saat lahir ke dunia, kita tak dibekali dengan buku panduan tentang cara menjalani hidup, dan sejak detik itu juga jarum jam mulai berputar meniti detik demi detik*

" Sadarilah bahwa kalian lahir dengan kemampuan untuk hidup
mandiri dan tak tergantung pada berbagai situasi di sekitarmu; jangan terlalu serius, jangan tejebak oleh ide-ide di kepalamu, sebab pikiran-pikiranmu tak sama dengan realita.
-Donald Klein

Kehidupan kita sesungguhnya ibaratkan cerita perjalanan, kita hanya bisa melakukan perjalanan hidup kita hanya sekali saja, setidaknya seperti yang kita jalani saat ini. Waktu yang kita punya saat terbatas dan tak jelas kapan akan berakhir. Banyak orang menyesali jalan hidup yang mereka tempuh selama ini, dan banyak pula yang menghadapi hayatnya dengan rasa syukur yang dalam karena bahagia dan tercapai tujuannya. Kita tidak bisa mengubah masa lalu, jadi ampuni diri anda dan buatlah pilihan yang berbeda jangan pula hidup dimasa depan karena barabgkali masa itu tidak akan pernah datang. Jadi hidupi hari-harimu, karena mungkin saja hari ini bisa menjadi yang terakhir bagimu. Memang nyata sekali bahwa di akhir hayat kita nanti kita tak akan menyesali semua resiko yang pernah kita hadapi meskipun hasilnya tak sesuai dengan harapan. Tak seorang pun menyesal karena telah berusaha namun gagal. Justru kebanyakan akan merasa sedih lantaran kurang berani mengambil resiko.
          Kesadaran bahwa kita kemungkinan besar akan menyesal karena tak berani mencoba dapat berdampak terhadap cara kita mengambil keputusan. Sepertinya, kegagalan bukanlah sesuatu yang paling disesalkan kebanyakan; justru keputusan untuk tak mengambil resiko sama sekali itulah yang perlu ditakuti, karena kerap kali kita anggap "kesalahan" sering kali beralih rupa menjadi hikmah dan kearifan yang sangat berharga, kita tak pernah bisa memastikan kesuksesan akan tercapai, sebab setiap upaya senantiasa mengandung resiko kegagalan. Contohnya saja; Orang yang jatuh cinta selalu menghadapi resiko penolakan, Orang yang mengejar angan-angan sering tersandung realita.

" Kita tidak bisa memastikan keberhasilan akan mudah diraih, namun kita dapat memastikan kegagalan dengan tidak mencoba sama sekali".

                  Keberanian untuk menempuh resiko, sekecil apapun itu, dapat membawa implikasi yang amat luas bagi perjalanan hidup manusia.

 Fokus Pada Apa Yang Anda Miliki, Bukan Apa yang Tidak Anda miliki.
JALANILAH HIDUP DENGAN SEPENUH HATI

semua berjalan dengan cepat sebelum kita menyadarinya, Semua ORANG akan menjadi tua anggaplah setiap hari merupakan anugrah jangan buang anugrah itu dimanapun anda berada.

Kehidupan bukanlah sebuah kontes, jadi jangan banding-bandingkan
diri anda dengan orang lain
Pembandingan adalah pencurian kebahagiaan.

APAPUN KESALAHAN YANG ANDA BUAT
BERAPA PUN KESALAHAN DAN PENYESALAN YANG MENGHANTUI ANDA,
TANAMLAH SEBUAH POHON BARU HARI INI JUGA










Dikutip dari buku psikologi populer yang berjudul "The Five Secrets You Must Discover Before You DIE"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar